Kamis, 05 Januari 2012

China

Republik Rakyat Cina adalah negara yang paling luas di Asia Timur dan negara ketiga atau keempat di paling lengkap di dunia. Dengan jumlah penduduk lebih dari 1.300.000.000, itu adalah negara terpadat di dunia.


Partai Komunis Cina (BPK) telah memimpin RRC di bawah sistem satu partai sejak berdirinya negara pada tahun 1949. RRC terlibat dalam sengketa status politik Taiwan. BPK saingannya Cina selama Perang Saudara, Kuomintang (KMT), melarikan diri ke Taiwan dan pulau-pulau sekitarnya setelah kekalahannya pada 1949, mengklaim legitimasi atas Cina, Mongolia, dan Tuva sementara itu adalah kekuatan yang berkuasa Republik Cina (ROC). Istilah "Cina Daratan" sering digunakan untuk menunjukkan daerah-daerah di bawah kekuasaan RRC, tapi kadang-kadang tidak termasuk dua Daerah Administratif Khusus nya: Hong Kong dan Makau.

Karena populasi yang besar, pertumbuhan ekonomi yang cepat, dan penelitian besar dan investasi pembangunan, Cina dianggap sebagai "muncul negara adidaya." Ini memiliki ekonomi terbesar ketiga di dunia (kedua terbesar dari segi paritas daya beli) dari Cina. Juga merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Asia-Pacific Economic Cooperation. Sejak 1978, reformasi berbasis pasar ekonomi Cina telah membawa tingkat kemiskinan turun dari 53% pada tahun 1981 menjadi 8% pada tahun 2001 [9] Namun, Cina kini menghadapi sejumlah masalah ekonomi lain, termasuk populasi yang menua. Peningkatan pendapatan desa-kota kesenjangan, dan degradasi lingkungan yang cepat.

Cina memainkan peran utama dalam perdagangan internasional. Ini negara konsumen terbesar di dunia baja dan beton, menggunakan, masing-masing, ketiga dan lebih dari separuh pasokan dunia masing-masing. Menghitung semua produk, Cina merupakan importir ketiga terbesar dan eksportir terbesar kedua di dunia.

[Source : http://id.ibtimes.com]

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.