Kamis, 02 Februari 2012

Henan Putihrai Sekuritas: Penguatan IHSG Masih Terjadi

IHSG kami perkirakan akan bergerak menguat hari ini dengan kisaran pergerakan 3930 - 4000

Data ISM manufaktur indeks AS untuk bulan Januari menunjukkan terjadinya ekspansi industri dalam tiga bulan berturut-turut.

Data ini membukukan hasil act 54,1 vs est 54,5. Data indikator penyerapan tenaga kerja oleh ADP menunjukkan hasil act 170k vs est 182k. Data ini biasanya digunakan pasar sebagai indikasi awal data nonfarm payroll yang akan dirilis Jumat malam, walaupun tidak terlalu pengaruh terhadap grafik IHSG

Sektor konstruksi AS membukukan kenaikan aktivitas sebesar +1,5 persen di bulan Desember dibandingkan dengan November, pasar memperkirakan data ini naik +0,5 persen.

Sementara itu 218 komponen S&P500 telah merilis laporan keuangan dimana 69,4 persen membukukan hasil di atas estimasi pasar. Eropa dan China juga merilis data survey aktivitas manufaktur pada hari Rabu. Data aktivitas manufaktur Eropa membukukan hasil act 48,8 vs est 48,7 sedikit dibawah estimasi pasar.

manufaktur China membukukan hasil 50,5 vs est 49,6 di bulan Januari. Membaiknya aktivitas manufaktur global ini disambut positif oleh investor dan mendorong yield obligasi Spanyol dan Italia terus mengalami penurunan.

Yield obligasi bertenor 10 tahun Italia berada di 5,68 persen semalam setelah berada diatas level 6 persen di akhir Januari, level terendah sejak November 2011.

Hal yang sama terjadi dengan yield obligasi Spanyol yang berada di level terendah sejak Oktober 2010. Yield 10 tahun Portugal juga melemah ke 15,22 persen setelah sempat menyentuh 17,4 persen di akhir Januari 2011 dan 48 persen dari korporasi besar Eropa membukukan kinerja yang lebih buruk dibandingkan dengan estimasi pasar dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga musim laporan keuangan 4Q berakhir.

Harga emas menguat dipicu oleh sentimen positif di bursa sedangkan harga minyak melemah dipicu oleh kenaikan cadangan minyak strategis AS. Indeks bursa Asia bergerak menguat pagi ini sejalan dengan membaiknya aktivitas manufaktur global.

IHSG kami perkirakan akan bergerak menguat hari ini dengan kisaran pergerakan 3930 - 4000.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.