Kamis, 02 Februari 2012

Pemerintah Siapkan Strategi Maksimalkan Serapan Anggaran

Nanti dibentuk tim evaluasi untuk pengawasan penyerapan anggaran yang salah satu ketuanya dari kemenkeu

Pemerintah berharap penyerapan atas anggaran di tahun 2012 menjadi lebih maksimal. Beberapa langkah positif telah disiapkan pemerintah saat ini.

"Nanti dibentuk tim evaluasi untuk pengawasan penyerapan anggaran yang salah satu ketuanya dari kemenkeu. Sedangkan PP soal punishment and reward masih disiapkan," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo, di hadapan Komisi XI DPR, di Jakarta, hari ini.

Menurut dia, ada enam strategi untuk peningkatan penyerapan anggaran 2012, yaitu pertama, penyusunan rencana kegiatan dan rencana pencairan anggaran yang sistematis, realistis meliputi perencanaan pengadaan, kegiatan, dan penarikan dana.

Kedua, penunjukkan pejabat pengelola anggaran lebih awal. Ketiga, mempercepat pelaksanaan proses pengadaan. Keempat, melakukan pembinaan dan bimbingan teknis anggaran kepada seluruh satker, termasuk satker vertikal di daerah.

Kelima, pelatihan dan sertifikasi pengadaan barang dan jasa dilaksanakan di awal tahun 2012. Serta, keenam, melakukan monitoring dan evaluasi anggaran secara terus menerus setiap bulan untuk mengetahui penyerapan anggaran beserta permasalahan yang terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.