Sabtu, 31 Desember 2011

Team Work


Seperti lidi, lalu semakin lama semakin menyatu dan membentuk sebuah sapu lidi yang dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dari yang kecil sampai yang besar. Itu adalah sebuah analogi dari teamwork. Dalam mencapai sebuah goal dibutuhkan kerjasama yang kuat dalam sebuah proses besar, dibanding persan secara individual. Dalam sebuah team tidak jarang individu mengundurkan diri sebab mereka sudah tidak lagi dapat bekerjasama dalam sebuah team. Kepentingan individu harus dikesampingkan demi tercapainya tujuan team. Olehnya itu dalam membangun sebuah team, individu tersebut harus mempunyai mempunyai visi dan misi yang sama.

1. Leader merupakan salah satu sosok yang menakodai teamwork. Segala pengambilan keputusan diserahkan kepada seorang leader.

2. Rasa saling percaya adalah komunikasi yang harus ditumbuhkan dalam suatu team untuk membangun team yang solid. setiap individu team akan terpacu dengan tugas-tugas mereka, sebab kapasitas dan kompetensi yang dimilikinya dihargai secara propesional. Rasa saling percaya dapat mengilangkan penilaian individu secara sebelah mata terhadap individu lain dalam team.

3. Kuantitas bukanlah alasan utama menghatarkan team kepada pintu kesuksesan, tetapi pada dasarnya kualitas team lebih berperan utama. Kualitas suatu team dapat dilihat dari tingkat etos kerja dan partisipasi aktif anggota team tersebut.

Jadi bisa dibilang bahwa teamwork menjadi salah satu kunci penentu ke arah masa depan.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.