Selasa, 27 Desember 2011

Keyakinan Konsumen Korea Selatan Amblas Akibat Kematian Kim Jong Il

Tingkat keyakinan konsumen di Korea Selatan mengalami penurunan menurut data teranyar yang rilis pagi ini (27/12). Keyakinan konsumen anjlok ke posisi terendah dalam tiga bulan belakangan di bulan Desember setelah kematin Kim Jong Il memicu spekulasi mengenai pengganti dirinya. Krisis keuangan Eropa juga menjadi salah satu factor pendorong anjloknya keyakinan.

Indeks yang menggambarkan sentiment konsumen Korea Selatan mengenai kondisi ekonomi mengalami penurunan ke posisi 99 poin setelah di bulan November sebelumnya berada di 103 poin. Indeks di bawah 100 poin merupakan indikasi bahwa jumlah responden yang pesimis lebih besar dibandingkan responden yang optimis.

Para pemangku kebijakan di Korea Selatan berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan stabilitas pasar setelah kematin Kim Jong Il. Bursa saham Korea Selatan sempat mengalami aksi jual besar-besaran setelah dilaporkannya berita kematian Kim Jong Il.

Meskipun dinyatakan oleh pemerintah Korea Selatan bahwa kematian Kom Jong Il tersebut tidak akan memberikan dampak signifikan bagi ekonomi Korea Selatan, akan tetapi selama belum ada kepastian pengganti dirinya dan kebijakan dari pengganti tersebut, pasar tetap waspada.

[Source : http://vibiznews.com]

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.